Untuk memfasilitasi kebutuhan nasabah di era modern yang ingin serba cepat, BNI menghadirkan layanan m-banking dan SMS Banking. Melalui dua layanan elektronik digital ini, nasabah dapat lebih meningkatkan efisiensi dalam melakukan transaksi perbankan. Langsung melalui ponsel di genggaman, aktivitas transfer, melakukan berbagai pembayaran, mengecek saldo tabungan, dan beberapa hal lainnya menjadi lebih cepat dan mudah.

Perbedaan m-Banking BNI dan SMS Banking BNI

Dua produk BNI ini sebenarnya merupakan bagian dari e-banking (electronic banking). Kendati demikian, keduanya memiliki beberapa perbedaan meski tidak terlalu jauh. Untuk lebih lengkapnya, simak perbedaan antara m-Banking dan SMS Banking BNI termasuk fitur-fiturnya.

m-Banking

Sesuai namanya, mobile banking merupakan fasilitas perbankan yang memudahkan nasabah melakukan transaksi perbankan dan keuangan langsung dari ponsel. Fasilitas ini berupa aplikasi yang dapat diunduh secara gratis pada platform Android dan iOS. Untuk mengaksesnya, Anda membutuhkan koneksi internet.

Fitur m-banking BNI cukup lengkap dan banyak. Nasabah dapat melalukan pengecekan saldo, transfer, pembayaran (telepon, asuransi, PDAM, kartu kredit, dll.), pembelian pulsa, dan beragam lainnya.

SMS Banking

SMS Banking BNI membutuhkan nomor ponsel yang juga digunakan sebagai user ID. Fasilitas ini dapat digunakan oleh nasabah dengan perangkat ponsel Nokia, iPhone, Samsung, dan lain-lain. Pastikan bahwa ponsel mendukung layanan GPRS dan berbasis Java, Windows, Android, atau iOS.

Fitur SMS Banking memang lebihs sedikit dibandingkan m-Banking. Kendati demikian, nasabah tetap dapat lebih mudah melakukan isi ulang pulsa, transfer, top-up layanan e-money (T-Cash, unikQu, GoPay), transfer, dan lain-lain.

Cara mendaftar m-Banking BNI

Agar dapat menikmati fasilitas m-Banking BNI, Anda harus melakukan registrasi dan aktivasi. Prosedurnya pun tidak susah. Lebih jelasnya, berikut adalah cara daftar m-Banking BNI sekaligus proses aktivasinya.

Pastikan Anda memiliki rekening aktif BNI

Yang dimaksud dengan rekening aktif adalah rekening yang masih memiliki saldo. Apabila tidak ada transaksi selama tiga bulan berturut-turut, secara otomatis rekening Anda akan ditutup.

Perlu diingat, rekening akan ditutup hanya jika saldo tetap 0 rupiah selama tiga bulan beruntun. Apabila dalam jangka waktu tersebut Anda tidak melakukan transaksi apa-apa kecuali selalu menerima transfer, maka rekening Anda tetap aktif.

Siapkan KTP, kartu ATM, dan buku tabungan

Selalu siapkan KTP, kartu ATM, dan buku tabungan. Petugas akan membutuhkannya untuk registrasi dan konfirmasi.

Kunjungi kantor cabang BNI terdekat

Anda tidak harus ke kantor cabang tempat membuka rekening. Pilih saja kantor cabang BNI yang paling dekat lokasinya dengan posisi Anda.

Unduh aplikasi m-Banking BNI dan aktivasi

Unduh aplikasi m-Banking BNI sesuai platform ponsel (pada Google Playstore atau Apple Store). Setelah terunduh dan terpasang, buka aplikasi dan pilih menu Aktivasi pada laman utama.

Masukkan user ID

Saat melakukan registrasi di customer service, Anda akan mendapatkan user ID. Masukkan user ID pada kolom yang diminta.

Masukkan nomor kartu debit

Anda akan diminta untuk memasukkan kartu debit alias ATM. Pada kolom yang tersedia, masukkan 16 digit kartu debit dengan benar.

Kirim SMS OTP

Laman akan menampilkan perintah Kirim SMS OTP. Tekan tombol virtual tersebut dan Anda akan mendapatkan SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan. Masukkan 4 digit angka tersebut pada kolom yang tersedia.

Buat MPIN

MPIN merupakan password untuk setiap login ke m-Banking BNI. Kombinasinya terdiri dari 6 angka—buat saja yang mudah Anda ingat (bisa juga disamakan dengan PIN ATM).

Buat password transaksi

MPIN hanya dibuat untuk log in. Untuk melakukan setiap transaksi, Anda akan diminta memasukkan password transaksi. Password transaksi ini cukup dibuat sekali di awal dengan kombinasi angka dan huruf.

Setelah menyelesaikan aktivasi ini, Anda bisa mulai menggunakan fasilitas m-Banking BNI. Pastikan Anda mengakhiri langkah-langkah di atas dengan perintah Lanjut.

Metode pendaftaran SMS Banking BNI

Cara mendaftar SMS Banking BNI lebih mudah dibandingkan m-Banking BNI. Anda pun bisa memilih cara yang lebih dirasa nyaman: melalui ATM atau datang ke kantor cabang terdekat.

Pendaftaran SMS Banking BNI melalui ATM

  • Pilih ATM BNI terdekat.
  • Masukkan kartu ATM pada entry card slot seperti biasa.
  • Masukkan password ATM.
  • Pilih menu Transaksi Lainnya.
  • Selanjutnya pilih menu Registrasi E-Channel.
  • Pilih menu SMS Banking BNI.
  • Masukkan nomor ponsel aktif yang akan diguanakan untuk transaksi SMS Banking.
  • Buat PIN untuk SMS Banking.
  • Sistem akan mengirim SMS dari 3346 pada nomor ponsel yang didaftarkan.
  • Simpan struk bukti transaksi.
  • Selesai.

Anda dapat mulai menggunakan layanan SMS Banking BNI untuk transaksi nonfinansial (cek saldo, mutasi rekening, informasi tagihan , perubahan nomor PIN SMS Banking, dan layanan bantuan). Apabila Anda ingin menikmati fitur transaksi finansial (transfer, isi ulang pulsa, dan pembayaran tagihan), kunjungi kantor cabang BNI terdekat. Bawa struk bukti regirstrasi atau tunjukkan SMS notifikasi.

Pendaftaran SMS Banking BNI melalui Kantor Cabang

  • Siapkan kartu identitas (KTP, SIM, atau paspor) dan buku tabungan (atau bisa juga menggunakan kartu ATM)
  • Bawa ponsel berisi kartu SIM aktif yang akan digunakan untuk transaksi SMS Banking.
  • Datang ke kantor cabang BNI terdekat.
  • Petugas akan membantu proses registrasi.

Sebagai catatan, pastikan nomor ponsel Anda memiliki saldo pulsa yang mencukupi. Biaya yang dikenakan per SMS Banking BNI adalah sekitar Rp500,00 sampai Rp1.000,00.

Itulah cara daftar m-Banking BNI dan SMS Banking BNI. Mudah, bukan? Segera nikmati fasilitas e-banking dari BNI untuk transaksi yang lebih gampang, cepat, dan nyaman langsung dari ponsel.




APLIKASI CEK BPUM BRI TERBARU DI PLAYSTORE:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.eform.cekbpumbri

Copy link tersebut dan paste melalui browser di Handphone Anda.

APLIKASI CARA DAPATKAN BERAGAM PROGRAM BANSOS TERBARU DI PLAYSTORE:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bantuanlangsungtunai.cara_cek_blt_online

Copy link tersebut dan paste melalui browser di Handphone Anda.

menu utama