Sobat Prakerja, tahukah jika sistem arus listrik bolak-balik (AC) yang kita guna…

Sobat Prakerja, tahukah jika sistem arus listrik bolak-balik (AC) yang kita gunakan untuk kepentingan sehari-hari seperti penerangan di rumah maupun di jalan, pasokan listrik di perusahan, dan keperluan listrik lainnya ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Nikola Tesla?
Lahir pada 10 Juli 1856 di Smiljan, Kekaisaran Austria (Sekarang Kroasia), Nikola Tesla sejak kecil sudah mampu mengingat isi seluruh buku, dan menghapal tabel logaritma dalam kepalanya. Tesla juga memiliki kemampuan berbicara dalam sejumlah bahasa.

Ide temuan sistem arus listrik bolak-balik ditemukan saat Tesla berjalan-jalan di Budapest, Hungaria. Dia menggambar diagram motor arus bolak-balik di tanah menggunakan batang kayu, dan memvisualisasikan prinsip medan magnet yang berputar dan mengembangkan rencana untuk motor induksi.

Tahun 1884, Tesla hijrah ke New York, Amerika Serikat, dan sempat bekerja untuk Thomas Edison. Namun tidak bertahan lama karena pandangan perbedaan dengan Edison.

Selama hidupnya, Nikola Tesla banyak menyumbangkan penemuan yang berguna hingga saat ini. Temuannya antara lain: Sistem AC pada arus listrik, Remote control, radio, motor listrik, dan trafo tegangan tinggi.

Sebagai penghormatan atas penemuan dan kontribusinya dalam dunia sains, nama Tesla saat ini digunakan sebagai nama perusahaan mobil listrik dan energi terbarukan milik Elon Musk, Tesla,Inc.

Sumber: www.biography.com