Sobat Prakerja, pada 8 Juli 1976 pukul 19.31 waktu Florida, Amerika Serikat, ata…

Sobat Prakerja, pada 8 Juli 1976 pukul 19.31 waktu Florida, Amerika Serikat, atau bertepatan dengan 9 Juli 1976 pukul 06.31 WIB merupakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia dengan diluncurkannya satelit komunikasi Palapa A1 milik Indonesia dari Tanjung Canaveral Pusat Luar Angkasa Kennedy, Florida. Dengan peluncuran itu Indonesia menjadi negara keempat yang telah memiliki satelit sendiri setelah Rusia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Nama Palapa diambil dari Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada pada 1336 yang merupakan sumpah pemersatu nusantara. Satelit Palapa saat itu diharapkan bisa mempersatukan seluruh nusantara dengan jaringan telepon, telegram, telex, dan televisi.

Satelit Palapa generasi A didesain untuk mengoptimalkan pancaran sinyal ke seluruh wilayah Indonesia dan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. Satelit ini memiliki tinggi 3,7m dan berdiameter 1,9m. Antenanya sendiri berupa piringan parabola berdiameter 1,5m. Pada saat peluncurannya, satelit ini memiliki bobot 574kg.

Setelah memasuki masa operasional, 6 dari 12 transponder Palapa A1 digunakan untuk aplikasi telepon, sedangkan 1 lainnya digunakan oleh televisi nasional dan 5 sisanya digunakan sebagai cadangan. Satelit Palapa A berhenti beroperasi pada bulan Juni 1985.

Sumber: Dari Berbagai Sumber