Ketika seorang pelamar mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ada serangkaian seleksi yang perlu ditempuh. Seleksi sebagai CPNS tidak hanya sebatas pemeriksaan dokumen dan kesesuaiannya dengan kebutuhan di lapangan saja. Lebih dari itu, ada tahapan seleksi lain yang perlu dijalani pelamar, yaitu tes SKD dan tes SKB.

Untuk menjaring Aparatur Sipil Negara (ASN) saat CPNS, diperlukan sistem seleksi yang ketat. Pelamar mulanya akan diseleksi berdasarkan kelengkapan berkas. Jika pada tahap pertama pelamar sudah gugur karena berkas yang tidak lengkap atau karena ada syarat lain yang tidak terpenuhi, pelamar tidak akan bisa meneruskan seleksi CPNS tahap berikutnya.

Tahap kedua yang perlu dijalani pelamar setelah lulus seleksi administrasi adalah tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pada tahap ini persaingan antar pelamar sangat ketat, apalagi jika formasi yang dipilih adalah formasi favorit. Selain itu, pelamar juga harus melewati ambang batas skor minimal pada setiap jenis tes SKD. Apabila dinyatakan lolos tes SKD, pelamar baru bisa menjalani tes SKB untuk menentukan kelulusan akhir.

Tahapan seleksi CPNS 2021 tidak jauh berbeda dengan CPNS tahun 2019 atau sebelumnya. Pelamar tetap perlu mempersiapkan fisik yang kuat agar bisa maksimal ketika mengikuti seleksi. Disamping itu, pelamar juga perlu belajar materi yang diujikan dan berusaha melampaui ambang batas minimal. Tahun 2021 nanti akan ada seleksi CPNS kembali. Jika pada seleksi administrasi mekanismenya hampir sama dengan seleksi CPNS tahun sebelumnya, bagaimana dengan tes SKD dan SKB CPNS 2021?

Mekanisme Rekrutmen CPNS 2021

Keputusan terkait mekanisme perekrutan CPNS tahun 2021 masih dalam pembahasan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Belum ada rilis resmi terkait kebijakan formasi ASN tahun 2021 nanti. Meskipun demikian, kebutuhan CPNS pada setiap instansi akan menjadi kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Bagi kamu yang belum diterima sebagai seorang ASN pada CPNS tahun lalu, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS tahun 2021. Namun, persiapan penting seperti pengumpulan dokumen dan berkas, persiapan tes SKD, serta persiapan tes SKB adalah hal yang wajib dilakukan. Proses rekrutmen CPNS juga dilakukan secara transparan, sehingga seluruh pelamar dapat mengetahui perkembangan seleksinya.

Tes SKD CPNS 2021

Sekalipun belum terdapat pengumuman resmi terkait tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2021, kamu bisa menjadikan referensi pelaksanaan SKD CPNS tahun sebelumnya. Perubahan pada mekanisme tes SKD CPNS sangat mungkin terjadi, sehingga kamu perlu menjadikan sumber terpercaya sebagai acuan. Buatlah target untuk melampaui passing grade SKD pada CPNS 2021. Apabila tidak berhasil melewati passing grade atau batas nilai minimal yang ditetapkan, pelamar akan dinyatakan gugur.

Fakta Tes SKD CPNS

Ada fakta-fakta yang perlu kamu ketahui pada tes SKD CPNS. Sebab, mungkin saja pelaksanaan tes SKD CPN 2021 tidak jauh berbeda dan mengadaptasi pelaksanaan tes SKD tahun sebelumnya.

  1. Tes SKD CPNS diselenggarakan dengan Metode Computer Assisted Test (CAT). Artinya, peserta tes akan diminta mengerjakan soal dengan menggunakan komputer, sehingga peserta dapat mendapatkan hasil atau skornya langsung setelah mengerjakan.
  2. Materi soal yang diujikan saat tes SKD CPNS ada tiga (3) macam: Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  3. Kategori yang bisa mendaftar SKD CPNS beserta nilai ambang batas tes SKD CPNS yang perlu dicapai masing-masing kategori antara lain.
    • Kategori Umum dan Tenaga Pengamanan Siber: TKP (126), TIU (80), TWK (65) tanpa skor kumulatif
    • Kategori Cum Laude dan Diaspora: TIU (85), skor kumulatif minimal 271
    • Kategori Penyandang Disabilitas: TIU (70), skor kumulatif minimal 260
    • Kategori Putra atau Putri Papua dan Papua Barat: TIU (60), skor kumulatif minimal 260
    • Kategori Dokter, Dokter Spesialis, Dokter Gigi Spesialis, Dokter Gigi, Dokter Pendidik Klinis, dan Instruktur Penerbang: TIU (80), skor kumulatif minimal 271
    • Kategori rescuer, bosun, jenang kapal, juru minyak kapal, juru mesin kapal, juru mudi kapal, kelasi, kerani, oiler, nahkoda, kepala kamar mesin kapal, mualim kapal, masinis kapal, mandor mesin kapal, juru masak kapal, dan pengamat gunung api: TIU (70), skor kumulatif minimal 260
  4. Mekanisme penilaian soal TIU, TWK, dan TKP tidak sama
    • Penilaian soal TWK: benar nilai 5, salah atau tidak menjawab nilai 0
    • Penilaian soal TIU: benar nilai 5, salah atau tidak menjawab nilai 0
    • Penilaian soal TKP: menjawab dengan nilai terendah nilai 1 dan nilai tertinggi 5, tidak menjawab nilai 0
  5. Nilai kumulatif maksimal yang bisa didapatkan maksimal 500
    • TWK: 150
    • TIU: 175
    • TKP: 175
 

Materi Tes SKD CPNS

  1. Materi Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS mencakup penalaran verbal (kebahasaan), penalaran non verbal (angka, numerik, kuantitatif)
  2. Materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar, NKRI, dan sejarah
  3. Materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS mencakup tes psikologi untuk mengetahui karakter pelamar.

Tes SKB CPN 2021

Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2021 baru bisa diikuti oleh pelamar yang lolos seleksi SKD. Pada tes SKB, pemahaman pelamar terkait formasi yang dituju menjadi fokus utama. Meskipun persiangan pelamar tidak sebanyak saat tes SKD, persaingan justru semakin ketat. Sebab, peserta tes SKB adalah peserta yang nilainya berada di atas ambang batas SKD.

Fakta Tes SKB CPNS

  1. Tes SKB dilaksanakan untuk mencari tahu kesesuaian kompetensi pelamar CPNS dengan bidang atau formasi yang dituju.
  2. Materi tes SKB mempertimbangkan standar kompetensi yang diperlukan suatu jabatan.
  3. Materi SKB dibedakan menjadi Jabatan Fungsional dan materi Jabatan Pelaksana.
  4. Materi soal SKB Jabatan Fungsional disusun instansi pembina jabatan fungsional. Mekanisme pemberian soal dengan sistem CAT.
  5. Tes SKB di instansi pusat selain dilaksanakan dengan sistem CAT juga dapat dilakukan dengan Tes Potensi Akademik (TPA), tes praktik kerja langsung, tes bahasa asing, tes fisik (kesamaptaan), psikotes, tes kesehatan jiwa, dan atau wawancara. Minimal terdapat dua bentuk tes yang diujikan.
  6. Materi soal SKB Jabatan Pelaksana sifatnya teknis. Soal SKB yang diujikan masih dalam rumpun yang sama dengan jabatan fungsional serupa.

APLIKASI CEK BPUM BRI TERBARU DI PLAYSTORE:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.eform.cekbpumbri

Copy link tersebut dan paste melalui browser di Handphone Anda.

APLIKASI CARA DAPATKAN BERAGAM PROGRAM BANSOS TERBARU DI PLAYSTORE:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bantuanlangsungtunai.cara_cek_blt_online

Copy link tersebut dan paste melalui browser di Handphone Anda.

menu utama