1. Persiapan Pembuatan Akun SSCASN

Setiap pelamar CPNS wajib memiliki akun pada laman SSCASN BKN. Untuk membuat akun, link yang dapat diakses adalah https://sscasn.bkn.go.id. Nantinya pelamar akan diminta memasukkan biodata, data diri, dan melihat berbagai macam formasi yang dibuka. Pada saat inilah pelamar menentukan jenis formasi yang akan dipilih berserta memahamis persyaratan dan ketentuannya. Jika tidak membuat akun di SSCASN, pelamar CPNS tidak dapat mengikuti seleksi berikutnya.

2. Persiapan Dokumen

Proses pendaftaran CPNS 2021 melibatkan pengurusan banyak dokumen. Kamu perlu mempersiapkan dokumen-dokumen penting CPNS 2021 sejak pengumuman pendaftaran dibuka. Adapun dokumen yang diperlukan antara lain.

  1. Kartu Keluarga (KK). Periksa kembali apakah Kartu Keluarga yang kamu miliki sudah berdasarkan data terbaru atau masih data lama.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bagi pelamar yang belum memiliki KTP, identitas dapat diganti Surat Keterangan (SK) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)
  3. Ijazah dan transkrip nilai
  4. Pas foto resmi dengan background warna merah
  5. Dokumen lain (disyaratkan instansi tujuan)

Sangat penting untuk memeriksa jenis dokumen yang dibutuhkan saat pendaftaran CPNS di setiap instansi. Sebab, mungkin saja perbedaan instansi memberikan syarat dokumen yang berbeda pula. Periksa juga apakah instansi yang dituju mengharuskan pelamar mengirimkan berkas susulan. Jika dokumen tersebut tidak dilengkapi, pelamar akan gugur pada tahap seleksi administrasi.

3. Persiapan Latihan Soal

Banyak berlatih soal seleksi CPNS bisa menjadi faktor yang membuat peluang kelulusan meningkat. Apalagi panitia seleksi sudah menentukan jenis soal yang akan diujikan. Agar lebih siap, buatlah jadwal belajar harian untuk membaca materi seleksi. Cari tahu penyelesaian soal tersebut dan jangan hanya fokus pada jawabannya saja.

Mengasah kecepatan untuk mengerjakan soal dapat kamu lakukan pada tahap ini. Nantinya, ketika seleksi CPNS tiba, kamu tidak hanya dituntut untuk menjawab soal dengan benar, tetapi juga dengan cepat. Semakin sering berlatih, kecepatan berpikir dan menjawab pertanyaan pun akan semakin meningkat.

4. Persiapan Fisik

Banyak yang mengabaikan persiapan fisik sebelum menjalani seleksi CPNS 2021. Belajar materi ujian memang penting, tapi menjaga kesehatan tubuh agar siap mengikuti seleksi juga tidak kalah penting. Lakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari atau pada akhir pekan. Selain itu, konsumsi makanan bergizi agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

5. Persiapan Mental

Pelamar CPNS 2021 sangat mungkin lebih banyak dibandingkan pelamar CPNS tahun 2019. Namun, kamu tidak boleh menjadikan hal tersebut sebagai penghalang untuk terus berusaha lolos. Perbanyak usaha dan belajar, serta manfaatkan segala peluang. Lakukan analisis kekurangan dan kelebihan diri untuk menentukan tipe belajar yang paling sesuai. Jika kamu dinyatakan lolos SKD, perjuangan untuk lolos SKB dan seleksi lainnya pun akan lebih mudah.

6. Persiapan Tempat Tinggal

Seleksi CPNS tidak dilakukan di satu lokasi. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tempat tinggal yang bisa memudahkan akses menuju tempat ujian. Apabila jarak rumah dengan lokasi terlalu jauh, kamu bisa menyewa kamar kost harian melalui aplikasi pencari kost Mamikos. Terdapat banyak pilihan jenis hunian yang terjangkau dan menyediakan akses mudah menuju tempat ujian.

APLIKASI CEK BPUM BRI TERBARU DI PLAYSTORE:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.eform.cekbpumbri

Copy link tersebut dan paste melalui browser di Handphone Anda.

APLIKASI CARA DAPATKAN BERAGAM PROGRAM BANSOS TERBARU DI PLAYSTORE:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bantuanlangsungtunai.cara_cek_blt_online

Copy link tersebut dan paste melalui browser di Handphone Anda.

menu utama